Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Pusat Tsunami Pasifik Keluarkan Peringatan Tsunami Untuk 28 Negara

Pusat Tsunami Pasifik Keluarkan Peringatan Tsunami Untuk 28 Negara

Rabu, 11/04/2012 21:59

Tsunami di Meulaboh 80 Cm, Sabang 60 Cm

Kepanikan warga saat gempa
Jakarta - Setelah gempa 8,5 SR gempa-gempa susulan masih terus terjadi. Bahkan gelombang tsunami pun sudah muncul. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gelombang tsunami telah terjadi di beberapa wilayah.

"Di Meulaboh ketinggian air 0,8 meter (80 cm), Sabang 0,6 meter (60 cm), Benggala 0,1 meter, dan Sibolga 0,36 meter," ujar petugas BMKG, Said, saat dihubungi detikcom, Rabu (11/4/2012).

Gelombang air laut ini muncul bukan terkait dengan aktivitas bulan, melainkan karena gempa besar yang terjadi beberapa saat sebelumnya. Untunglah tinggi gelombang tidak signifikan dan jauh dari episentrum gempa besar pada 2004 lalu.

Apa ada kemungkinan tinggi gelombang naik? "Kita akan terus pantau. Kita tidak dapat memastikan," ucap
Said.

Dampak Gempa Aceh, Tsunami Kecil Terjang Thailand

Bangkok - Tsunami kecil menerjang wilayah Pantai Andaman, Thailand. Dilaporkan wilayah wisata tersebut diterjang gelombang tsunami setinggi 10 cm yang merupakan dampak dari gempa 8,5 SR yang melanda Aceh.

"Gelombang tsunami setinggi 10 cm yang dipicu oleh gempa pertama menerjang Koh Miang yang ada di wilayah lepas pantai Phang Nga," ujar Direktur Pusat Penanggulangan Bencana Nasional Thailand, Somsak Khaosuwan, dalam tayangan televisi Thailand dan dilansir oleh AFP, Rabu (11/4/2012).

"Tapi kita tak boleh lengah," imbuhnya seraya menekankan bahwa gempa-gempa susulan dengan kekuatan cukup besar telah terjadi. "Jadi kami berusaha tetap waspada," tegas Khaosuwan.

Sebelumnya, Pusat Penanggulangan Bencana Nasional Thailand telah menginstruksikan bagi setiap warga yang berada dekat dengan wilayah Pantai Andaman untuk mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi dan berusaha menjauhi wilayah pantai. Wilayah pantai yang ada di wilayah barat daya Thailand ini juga diterjang tsunami besar pada tahun 2004 lalu dan menewaskan sekitar 5.400 orang.

Sejak saat itu, otoritas Thailand pun memasang sistem peringatan berteknologi tinggi yang mampu mendeteksi tsunami. Hal ini demi menjamin keselamatan para turis dan jalannya aktivitas bisnis di wilayah yang marak didatangi turis tersebut.

Menyusul gempa 8,5 SR yang melanda Simeuleu, Aceh, tersebut, otoritas Thailand memutuskan untuk menutup operasional Bandara Internasional Phuket. Hal tersebut menyusul keputusan otoritas Thailand yang memperluas peringatan tsunami untuk 6 provinsi yang ada di wilayah selatan Thailand, yakni di Phuket, Krabi, Ranong, Phangnga, Trang dan Satun.

Pusat Tsunami Pasifik Keluarkan Peringatan Tsunami Untuk 28 Negara

Jakarta - Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk sejumlah negara menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR yang melanda Simeuleu, Aceh hari ini. Tercatat ada 28 negara yang diimbau untuk mewaspadai kemungkinan tsunami.

Selain Indonesia, negara-negara tersebut menurut bulletin tsunami yang dikeluarkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik adalah: India, Australia, Sri Lanka, Singapura, Myanmar, Thailand, Maldives, Inggris, Malaysia, Mauritius, Reunion, Seychelles, Oman, Pakistan, Somalia, Madagaskar, Iran, Uni Emirat Arab, Yaman, Comores, Mozambique, Kenya, Tanzania, Crozet Islands, Bangladesh, Kerguelen Islands dan Afrika Selatan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan buletin ini dikeluarkan sebagai saran bagi badan-badan pemerintah. Hanya otoritas dan pemerintah setempat yang punya otoritas untuk membuat keputusan menyangkut status kewaspadaan di masing-masing negara.

Gempa yang terjadi di Simeuleu sekitar pukul 15.38 WIB tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa terasa hingga ke sebagian Singapura, Malaysia, India, Sri Lanka dan Thailand.

SBY Perintahkan Kepala BNPB ke Aceh

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim segera menuju ke lokasi gempa di Aceh.

"Saya sudah memerintahkan kepala BNPB untuk segera terbang ke Aceh bersama tim," demikian diutarakan SBY, dalam konferensi pers, bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron mengunjungi di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/4/2012).

Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan bahwa situasi di Aceh betul-betul dalam kendali dan mengambil segala tindakan apabila diperlukan.

SBY juga mengatakan sementara ini tidak ada laporan jatuhnya korban akibat gempa tersebut.

"Alhamdulillah apa yang saya dengar tadi, sementara ini tidak ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan yang berarti, baik di Banda Aceh maupun di tempat lain," jelas SBY

3 Lokasi di Aceh-Nias Terkena Tsunami Kecil di Bawah 1 Meter

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi tsunami kecil di tiga titik akibat Gempa 8,5 SR di Simeuleu, Aceh. Ketinggian tsunami masih di bawah 1 meter. Mana saja?

"Akibat gempa terjadi tsunami di beberapa wilayah. Sabang dengan ketinggian 20 cm, di wilayah Meulaboh 80 cm, dan wilayah Nias dengan ketinggian 60 cm," kata Kepala BMKG Sri Woro B Harijono, dalam konferensi pers di Kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012).

Tsunami yang terjadi kecil karena tipe retakan yang terjadi bersifat mendatar. Kala tsunami 2004 lalu gempa mengakibatkan retakan vertikal sehingga menimbulkan tsunami yang besar.

"Kalau dia mendatar sehingga tidak mengakibatkan tsunami berkekuatan besar,"katanya.

Situasi di Aceh pun disebutkan telah normal kembali. BMKG telah mengakhiri peringatan tsunami.

"Karena aturannya dua jam setelah gempa, kita tidak ada istilah mencabut, tapi mengakhiri pada pukul 19.45 WIB,"tandasnya.

Ini Dia Syarat-syarat Terjadinya & Status Ancaman Tsunami

Jakarta - Gempa besar 8,5 SR dan 8,1 SR di Aceh kali ini tak menimbulkan tsunami. Hal ini karena gempa dan kondisi sebagai syarat terjadinya tsunami tak terjadi. Apa saja?

"Waktu kejadian lalu di Aceh 2004 lalu itu gempa besar tsunaminya cukup besar. Kan yang ini gempanya besar tapi tsunaminya tidak cukup signifikan. Karena ada syarat-syarat terjadinya tsunami," jelas Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro B Harijono.

Hal itu disampaikan Woro dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012). Syaratnya adalah:

1. Kedalaman gempa: kurang dari 70 km
2. Pusat gempa: di dasar laut
3. Besaran gempa: lebih dari 7 SR
4. Patahan: patahan lempeng naik-turun atau vertikal

"Sedangkan ini kan patahannya bukan naik turun, tapi mendatar atau pergeseran. Jadi kemungkinan tsunami cukup besar tidak akan terjadi," jelas Woro.

Sedangkan Deputi bidang Geofisika BMKG Prihariadi mengatakan ada 3 status ancaman tsunami.

1. Awas, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan lebih dari 3 meter
2. Siaga, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan 0,5 meter - 3 meter
3. Aman, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan kurang dari 0,5 meter

"Untuk awas dan siaga harus segera meninggalkan daerah pantai," jelas Prihariadi.

Kemungkinan gempa-gempa di daerah jalur gempa sepanjang Lempeng Euroasia? "Kemungkinan gempa di daerah lain sepanjang jalur lempeng itu, bisa mungkin bisa saja tidak," jawab dia.

14 Gempa Terjadi di Aceh, 2 di Antaranya Berpotensi Tsunami

Jakarta - Sejak gempa berkekuatan 8,5 SR pada pukul 15.38 WIB, terjadi sejumlah gempa susulan yang juga menimbulkan potensi gelombang tsunami. Tercatat ada 14 kali gempa termasuk gempa pertama.

"Ada 14 kali gempa, dua di antaranya berpotensi tsunami," tutur Kepala Bagian Informasi BNPB Sutopo Purwo dalam konferensi pers di kantornya, Jl Juanda, Jakpus (11/4/2012).

Sutopo mengatakan dari gempa tersebut terjadi tsunami kecil di sejumlah daerah yang ada di pesisir pantai selatan Sumatera. BNPB merekam dua data dari Bakosurtanal dan BMKG yang sedikit memiliki perbedaan.

"Data terkini Pasang surut dari Bakosurtanal terjadi kenaikan tsunami di Lahewa (Nias Utara) = 1 m, dan Meulaboh = 1,02 m," tutur Sutopo.

"Dari darta BMKG, pada pukul 17.00 WIB terdeteksi tsunami di Sabang 0,06 m, dan di Meulaboh (17.04 WIB) = 0,8 m," sambungnya.

Dari 14 gempa itu, sembilan di antaranya dapat terekam BNPB. Sedangkan sisanya masih dalam proses pemutakhiran. Berikut sembilan dari 14 gempa itu.

No Gempa Jam Lat Long Kedalaman Lokasi Keterangan
1 8.5 SR 15:38:33 WIB 2.4 92.99 10 Km 346 Km Baratdaya Simeulue Peringatan Potensi Tsunami

2 8.3 SR 15:38:35 WIB 2.33 93.04 42 Km 341 Km Baratdaya Simeulue
3 6.5 SR 16:28:02 WIB 1.21 91.72 10 Km 510 Km Baratdaya Simeulue
4 6.1 SR 16:48:03 WIB 0.98 90.66 10 Km 630 Km Baratdaya Simeulue
5 6.1 SR 17:09:51 WIB 2.64 91.67 10 Km 492 Km Baratlaut Simeulue
6 5.7 SR 17:21:27 WIB 2.94 93.1 23 Km 335 Km Baratlaut Simeulue
7 8.8 SR 17:43:06 WIB 0.78 92.51 10 Km 483 Km Baratdaya Simeulue Peringatan Potensi Tsunami

8 8.1 SR 17:43:11 WIB 0.82 92.42 24 Km 454 Km Baratdaya Simeulue
9 6.1 SR 18:04:45 WIB 0.72 92.41 10 Km 460 Km Baratdaya Simeulue



sumber : detik, tribun
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen