Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Arkeoleog Amatir Temukan Uang Kuno Berusia 2000 Tahun Pembayar Pelacur

Arkeoleog Amatir Temukan Uang Kuno Berusia 2000 Tahun Pembayar Pelacur

Kamis, 5 Januari 2012 08:09

Perbandingan uang 10 sen poundsterling (kiri) dan uang kuno yang ditemukan
Seorang arkeolog amatir berhasil menemukan uang koin kuno berusia dua ribu tahun yang biasa digunakan pada zaman Romawi.

Regis Cursan (37) arkelog amatir tersebut menemukan uang koin itu, di balik endapan lumpur Sungai Thames di dekat Jembatan Putney, London Barat, Inggris, hanya menggunakan alat pendeteksi logam.

"Pada hari itu, permukaan air tengah surut, dan hujan berat," ujar Regis seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (4/1/2012).

"Ketika alat itu berbunyi, saya mengusap pasir dan saya melihat satu sisi mata uang tersebut, yang bergambar seorang dewi dan sisi lainnya seorang lelaki dan wanita tengah melakukan hubungan intim," tambahnya.

Uang koin yang ditemukan Regis terbuat dari perunggu, dan memiliki ukuran sebesar satu koin sepuluh sen. Di salah satu sisinya terukir angka XIIII, dimana para ahli menduga angka tersebut berarti si pemegang koin
menyerahkan 14 koin Romawi kecil untuk membelinya.

Para sejarawan meyakini uang koin tersebut merupakan alat pembarayan rumah pelacuran Romawi.

Pemegang uang koin tersebut, dapat menukarkannya ke salah satu bordil Londinium untuk mendapatkan layanan dari wanita tuna susila.

Uang Koin tersebut kini telah disumbangkan ke Museum London dan akan dipamerkan selama tiga bulan ke depan.

Kurator Museum London, Caroline McDonald mengatakan: "Ini merupakan satu-satunya dari jenisnya yang pernah ditemukan di Inggris. Ketika koin itu diantar kesini, kami harus membersihkannya sebelum kita bisa melihat apa itu," ucapnya.

"Ini memiliki keterkaitan dengan yang ada di London karena orang masih sedang dijual ke dalam perdagangan seks. Obyek, tanggal ke sekitar abad pertama Masehi, terlindung dari korosi dengan lumpur. Konservasionis telah menghabiskan satu minggu membersihkannya sejak ditemukan pada bulan September," tambahnya.



sumber : tribun
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen