Membangun Negeri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Rusia Sukses Uji Coba Rudal Bulava

Rusia Sukses Uji Coba Rudal Bulava

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 07:59

MOSKWA - Angkatan Laut Rusia sukses melakukan uji coba peluru kendali balistik antarbenua yang baru, Bulava, Jumat (28/10/2011).

Rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir tersebut akan menjadi bagian alat utama sistem persenjataan (alutsista) masa depan Rusia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Kolonel Igor Konashenkov, mengatakan, rudal sepanjang 12 meter dengan berat 37 ton itu ditembakkan dari bawah laut oleh kapal selam Yuri Dolgoruky di Laut Putih, dekat Finlandia.

Hulu ledak rudal berhasil mengenai sasaran di lapangan tembak Kura di Semenanjung Kamchatka, Rusia
timur jauh, yang berjarak sekitar 5.500 kilometer dari titik peluncuran.

Ini adalah uji coba peluncuran yang sukses dilakukan pada tahun ini. Sebelumnya, Bulava mengalami berbagai masalah dalam pengembangannya. Dari 17 uji tembak yang telah dilakukan, tujuh di antaranya gagal.

Bulava dirancang sebagai rudal antarbenua berkecepatan hipersonik, yang didorong oleh roket tiga tingkat dengan jarak tembak maksimum 8.000 kilometer. Rudal ini mampu membawa 6-10 hulu ledak nuklir, yang masing-masing bisa diprogram untuk mengenai sasaran berbeda dan mampu bermanuver untuk menghindari rudal antirudal.

Rudal Bulava dijadwalkan mulai dioperasikan tahun depan. Kapal selam Yuri Dolgoruky, kapal selam kelas Borei yang baru, dirancang khusus untuk membawa hingga 12 rudal Bulava. Rusia berencana mengoperasikan delapan kapal selam sekelas pada 2015.

sumber : kompas
Share this article :

Visitor Today

Dr.Kids

Bimbingan Belajar

  • Soal IPA Kelas 2 SMP - *Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar! * 1. Seorang pedagang bakso menarik gerobak baksonya dengan gaya 325 N. Jika dari arah ...
    9 bulan yang lalu

Computer Courses

Topik Pilihan

Good News

Mendidik Putra Putri Kita Di Homeschooling

Pendidikan Homeschooling Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, homeschooling dikenal juga dengan sebutan home-education atau seko...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen