Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Kerusuhan Terus Berkobar di London

Kerusuhan Terus Berkobar di London

Selasa, 9 Agustus 2011 | 14:39

LONDON - Penduduk London serta sebagian wilayah Birmingham dan Liverpool bersembunyi di dalam rumah saat para perusuh bertopeng dan bertudung membanjiri jalanan. Mereka ketakutan keluar rumah. Sementara polisi tak berdaya menghadapi para perusuh itu, yang sebagian besar pemuda, bahkan remaja, saat mereka menjarah atau merampok toko-toko di sepanjang jalan utama London.

Kerusuhan tersebut dipicu kasus penembakan mematikan oleh polisi terhadap seorang pria 29 tahun yang diduga anggota geng pada pekan lalu. Kerusuhan pecah Sabtu malam dan telah berlangsung tiga hari berturut-turut. Senin (8/8/2011) kemarin, penjarahan dimulai pada siang bolong.

Dari London, penjarahan menyebar ke Birmingham, sekitar 120 mil dari London. Polisi di sana mengatakan, sejumlah tempat di pusat kota Birmingham telah diserang. Sejumlah jendela toko hancur dan barang-
barangnya dijarah. Seorang juru bicara polisi di Birmingham mengatakan, para petugas telah berpatroli ekstra.

Kerusuhan dan penjarahan yang terus meluas itu membuat Perdana Menteri Inggris David Cameron memperpendek liburan musim panasnya di Italia. CNN melaporkan, kantor Cameron telah mengumumkan bahwa ia akan kembali ke London pada Senin malam.

Para penjarah menghancurkan jendela-jendela toko, menjarah isinya, melemparkan bom bensin, menyulut kembang api, serta membakar bangunan dan kendaraan. Mereka juga merusak bus dan mengejek polisi anti huru-hara. Petugas pemadam kebakaran bahkan dicegah atau tidak mampu mengatasi banyaknya lokasi kebakaran yang dipicu para perusuh, yang kebanyakan membawa kaleng dan botol alkohol.

Penjarahan pada hari ketiga bermula di Hackney, London timur, kemarin siang. Kelompok-kelompok besar pemuda—banyak dari mereka berusia tidak lebih dari 16 tahun—berkumpul di sudut-sudut jalan pada sore hari. Toko-toko pun mulai menutup tirai dan perdagangan dilakukan terbatas. Para pelintas berhenti untuk menonton pemuda itu beraksi. Menjelang sore, helikopter polisi terlihat melayang di atas kawasan itu saat perusuh membakar sampah dan mobil, menghancurkan bagian depan toko-toko, dan menantang polisi anti huru-hara.

Kebakaran hebat juga terjadi di Croydon, London selatan. Di sana, toko-toko furnitur besar ludes dilalap api. Di kawasan Clapham, department store Debenhams yang berupa bangunan tiga lantai dibanjiri penjarah. Mereka terlihat membawa barang-barang dari toko itu.

Toko-toko peralatan listrik, toko perhiasan, toko olahraga, dan toko ponsel menjadi sasaran di seluruh London. Para penjarah itu umumnya remaja dan sedang dalam liburan sekolah. Polisi pun meminta para orangtua untuk menghubungi dan meminta anak-anak mereka pulang ke rumah.


sumber : kompas
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen