Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » UI Bebas Sumbangan

UI Bebas Sumbangan

Sabtu, 2 Juli 2011 | 14:49 WIB

JAKARTA - Kepala Humas Universitas Indonesia (UI), Vishnu Juwono, mengatakan, mahasiswa yang lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2011 dan seleksi masuk (SIMAK) UI 2011 tidak akan dipungut sumbangan apapun di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia menegaskan, semua informasi mengenai biaya sudah disajikan secara transparan di website resmi UI, www.ui.ac.id. "Tidak ada sumbangan yang dibebankan kepada orang tua. Semua kita sajikan secara transparan. Di dalam website, sudah kami ungkapkan mengenai uang pangkal dan lain-lain. Semua jelas dan transparan," kata Vishnu saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Sabtu (2/7/2011) siang.

Aturan itu, sambung Vishnu, merupakan keputusan resmi melalui surat keputusan yang telah ditandatangani oleh Rektor UI. Dalam website tersebut, dijelaskan secara detail tentang komponen apa saja yang harus dibayar. "Bahkan untuk sarjana reguler, mereka berkesempatan memperoleh Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan," tambahnya.

BOP berkeadilan adalah sebuah mekanisme pengaturan mengenai biaya yang dibebankan kepada mahasiswa yang berasal dari golongan kurang mampu. Dengan BOP Berkeadilan, mahasiswa berhak mendapatkan keringanan biaya yang sangat signifikan. Tentunya jika sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan. "Keringanan BOP Berkeadilan sangat signifikan. Mahasiswa bisa hanya membayar Rp 100.000 per semester dan tanpa uang pangkal," kata Vishnu.

Ia menambahkan, "Mereka yang ingin mendapatkan BOP Berkeadilan harus melakukan registrasi setelah resmi diterima. Lalu kami akan malakukan verivikasi dokumen, termasuk meninjau langsung ke lapangan. Kami akan mendatangi tempat tinggalnya, verivikasi ke RT dan RW. Setelah itu, biaya akan ditentukan sesuai formula yang kami dapatkan," tambahnya.

SIMAK UI 2011 rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (3/7/2011). Diikuti oleh 36.832 peserta, SIMAK UI akan digelar di sepuluh kota besar di Indonesia. "Salah satu lokasi SIMAK UI 2011 adalah di SMAN 21 Jakarta Timur. Selain Jakarta, kami juga menggelarnya di sepuluh kota besar lain, seperti Depok dan Makassar," ujarnya.

 

Dre@ming Post______
sumber : Kompas
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    1 hari yang lalu

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen