Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Sulit Mengingat? Gunakan Tangan Anda

Sulit Mengingat? Gunakan Tangan Anda

Sabtu, 2 Juli 2011 | 14:19 WIB

Sedang berusaha mengingat sesuatu untuk disampaikan? Jika mengerutkan kening saja sepertinya kurang cukup, coba gerak-gerakkan tangan Anda.

Menurut  penelitian yang dilakukan oleh pakar di bidang neurologi dan psikologi kognitif, menggunakan anggota badan ternyata dapat membantu dalam menyelesaikan beberapa masalah, terutama tangan. "Gerakan yang dilakukan oleh tubuh adalah salah satu sumber yang dapat membuat proses kognitif di dalam otak berjalan lebih lancar," kata profesor psikologi Martha Alibali dari University of Wisconsin.

Riset yang dilakukan Alibali dan rekannya, Robert C. Spencer, memperlihatkan, ketika responden menggunakan kedua tangannya sebagai alat bantu simulasi, hasil jawaban yang diberikan lebih baik daripada ketika kedua tangannya diikat. Gerakan tangan ini sangat efektif untuk membantu otak mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya abstrak atau matematis.

"Temuan ini juga menegaskan hubungan antara pikiran dan tubuh terhadap aspek kemampuan spasial," kata Alibali. "Saat berpikir, kita sering menggunakan perumpamaan yang sifatnya visual-spasial untuk menyelesaikan masalah dan menggambarkan sesuatu. Bahkan untuk hal-hal yang sifatnya tidak nyata. Misalnya, menggerakkan tangan ke atas saat menambah, dan ke bawah saat mengurangi. Atau, mengangkat tangan ke atas untuk menjelaskan suasana hati yang baik dan menurunkannya untuk menggambarkan bad mood," tambah Alibali.
Jika hal ini dapat selalu diterapkan dalam mengingat sesuatu ataupun mengeluarkan informasi itu kembali, hasil yang didapat akan lebih baik.  Jadi, sering-seringlah gunakan tangan Anda saat mengingat, ya!



Dre@ming Post______
sumber : kompas
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    1 hari yang lalu

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen