Mengabdi Negri Lewat Jalur Pendidikan dan Media
Home » » Israel Serahkan 84 Mayat Gerilyawan Palestina

Israel Serahkan 84 Mayat Gerilyawan Palestina

Selasa, 5 Juli 2011 | 12:59 WIB

RAMALLAH - Israel akan menyerahkan 84 mayat gerilyawan Palestina yang tewas dalam konflik kedua belah pihak sejak Perang Enam Hari 1967 kepada Otoritas Palestina, kata sejumlah pejabat, Senin (4/7).

Para pejabat Palestina yang pertama melaporkan perjanjian pemulangan mayat itu dan hal tersebut dikonfirmasi belakangan oleh militer Israel. Pihak Israel mengatakan bahwa "PM Benjamin Netanyahu telah menyetujui penyerahan 84 mayat dari pemakaman petempur musuh di Lembah Jordan ke Pemerintah Otonomi Palestina". Militer Israel mengatakan, kedua belah pihak telah mengadakan pembicaraan untuk menentukan "pelaksanaan penyerahan itu dan pemilihan waktu yang tepat".

Kedua pihak tidak memberikan rincian mengenai identitas mereka yang tewas, tetapi Menteri Urusan Sipil Palestina Hussein ash-Sheikh menjelaskan kepada AFP bahwa mayat-mayat itu adalah orang-orang Palestina
yang tewas dalam konflik bersenjata sejak perang 1967 ketika Israel menduduki Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur. Radio publik Israel menerangkan, banyak dari mereka telah melakukan serangan bunuh diri terhadap warga sipil Israel, seperti pengeboman restoran di Haifa tahun 2003, di mana 21 orang tewas.

Beberapa pejabat keamanan mengonfirmasi bahwa pembicaraan yang telah berlangsung mengenai penyerahan mayat-mayat itu sebagai "isyarat kemauan baik" kepada Presiden Palestina Mahmud Abbas, tetapi sejauh ini belum ada perjanjian mengenai mayat siapa yang akan dipulangkan. Mayat-mayat itu sekarang ini dikuburkan di makam-makam Israel dengan dinomori, ketimbang dinamai, dan harus diidentifikasi sebelum dapat dikembalikan kepada keluarga mereka.

"Setelah banyak permintaan dan pembicaraan dengan pihak Israel selama lebih dari setahun, Israel setuju untuk menyerahkan mayat para syuhada itu," kata Sheikh, merujuk pada istilah yang digunakan untuk mereka yang tewas dalam bentrokan senjata atau dalam serangan bunuh diri.

Sheikh mengatakan, kelompok pertama dari 84 mayat itu akan diserahkan "dalam beberapa hari mendatang setelah pemeriksaan DNA". Salem Khala, seorang pengkampanye Palestina bagi pemulangan mayat gerilyawan Palestina, mengatakan, sebanyak 334 gerilyawan Palestina sekarang ini dimakamkan di kuburan-kuburan Israel.


sumber : kompas
Share this article :

What's time

Visitor Today

Twitter

Bimbingan Belajar

Computer Courses

  • Membuat Kartu Nama - Hampir setiap orang baik yang bekerja sebagai karyawan maupun orang yang merintis usaha pribadi berkeiinginan untuk menambah relasi. Salah satu sarana yang...
    2 hari yang lalu

Topik Pilihan

Good News

Ada 6 Kunci Mencapai Lingkungan Pendidikan yang Ideal

Siswa DLC sedang mengikuti kursus English at DLC “ Leiden is Lijden” . Pemimpin itu menderita. Adalah sebuah pernyataan yang diungkapka...

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yayasan Arjawa Bhakti Persadha - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen